Heboh Pembunuhan Saudara Tiri Penguasa Korea Utara

Seorang lelaki terkapar di pos pelayanan Bandara Internasional Kuala Lumpur, Senin pekan lalu. Tak lama ketiak akan dibawa ke rumah sakit ia tewas. Lalu, gegerlah negeri jiran itu. Karena setelah diusut, identitas lelaki itu, bernama Kim Jong Nam, kakak tiri pertama penguasa Korea Utara, Kim Jong-un.

Dari hasil otopsi menyebutkan bahwa Kim Jong Nam tewas akibat racun risin atau racun ikan. Risin adalah zat kimia yang terkandung dalam minyak tanaman biji Jarak. Alternatif lain adalah tetrodotoxin, senyawa mematikan yaang ditemukan di hati ikan puffer/buntal. Kedua zat tersebut 1.200 lebih mematikan dari sianida.

Terbunuhnya orang dekat pejabat negara itu pun membuat repot polisi Diraja Malaysia. Namun, tak berapa lama, pihak kepolisian akhirnya bisa mengungkap misteri kematian Jong Nam. Dua hari pasca-kematian Jong-nam, polisi menangkap dua wanita di tempat berbeda. Mereka adalah Doan Thin Hoang, 28 tahun, yang memegang paspor Vietnam, dan Siti Aisyah, 25 tahun, berpaspor Indonesia.

Polisi juga menangkap warga Malaysia, Muhammad Farid bin Jalaluddin, 26 tahun. Dan tiga pria lain. Kepada polisi mereka mengaku tidak mengenal satu sama lain. Keempatnya mengaku dibawa bersama-sama, disewa untuk melaksanakan rencana pembunuhan.

“Keenam tersangka, yang sebagian besar dianggap sleeper agents, tinggal di Kuala Lumpur dan direkrut serta diarahkan untuk beraksi oleh seorang pria atau wanita agen rahasia,” kata sumber di Kepolisian Malaysia kepada Telegraph, Jumat (17/2).

Dalam pemeriksaan, dua tersangka wanita Siti Aisyah dan perempuan lain asal Vietnam mengaku dibujuk untuk menyerang Kim Jong-nam sebagai bagian dari acara reality show komedi. Aisyah mengaku didekati oleh seorang pria misterius di klub malam tempat ia bekerja untuk ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Ia ditawari uang sebesar 100 dolar.

Karena membutuhkan uang, Aisyah pun menerima tawaran itu. Meski begitu, Aisyah menegaskan jika ia tidak mengenal Kim Jong Nam dan tersangka lainnya. Ia mengira para tersangka lainnya adalah kru dari acara reality show komedi.

Pernyataan serupa juga diungkapkan oleh tersangka wanita lain, Doan Thi Huong. Ia mengaku telah ditipu oleh teman-temannya untuk menyemprotkan cairan racun kepada Kim Jong Nam.

Kecurigaan pun berlanjut kepada operasi agen rahasia Korea Utara. Sejumlah kantor berita di Korsel menyebut desas-desus dua wanita cantik itu adalah agen rahasia dari Korea Utara. Dugaan Jong-nam dibunuh oleh saudaranya, penguasa Korea Utara juga menguat.

Mereka satu ayah dari Kim Jong-Il, tapi berbeda ibu. Ibu Kim Jong-Nam adalah Song Hye-rim, artis Korut yang menjadi istri muda Kim Jong Il. Sejak pamannya, Jang Song-thaek, dibunuh oleh rezim Kim Jong-Un pada 2014, Kim Jong-Nam diduga kabur bersembunyi di Malaysia.

Kim Jong-Nam dikenal sebagai playboy dan sering berfoya-foya di negara-negara Asia Tenggara dan sekitarnya. Bahkan, menurut The Sun, pada 2014, Kim Jong-nam pernah terlihat makan di sebuah restoran Italia di Jakarta.

Kim Jong Nam bahkan diyakini sudah mempersiapkan rencana untuk menggulingkan Kim Jong Un dari tampuk kekuasaanya.

Sebaliknya, Jong Un, beberapa kali dilaporkan berencana membunuh kakak tirinya itu. Bahkan, sudah jadi rahasia umum, bila Kim Jong Un sangat paranoid terhadap orang-orang yang berencana menggulingkannya.

Kematian Jong Nam ini juga bertepatan dengan perayaan nasional. Sejumlah foto yang dirilis oleh media pemerintah Korut, KCNA, menunjukkan Kim Jong Un bersama pejabat tinggi pemerintah hadir dalam suatu perayaan megah, lengkap dengan upacara penghormatannya.

Seperti tidak ada sesuatu yang terjadi, hari itu, Kim Jong Un dilaporkan menghadiri perayaan hari jadi ayahnya sepajang malam. Sehari sebelumnya, diktator Korut itu juga dilaporkan menghadiri sebuah pertemuan besar.

Diberitakan The Straits Times, 16-17 Februari diperingati Korut sebagai Hari Bintang Bersinar, hari libur nasional terpenting kedua untuk warga Korut. Hari nasional terpenting warga Korut adalah hari kelahiran kakek Kim Jong Un, Kim il Sung yang dirayakan sekitar bulan April dan dikenal dengan Hari Matahari.

Di tempat berbeda, ribuan warga Korut berbondong-bondong mengunjungi sebuah bukit di mana patung perunggu besar Kim Il Sung dimakamkan. (wew)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *